Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Lotus
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Lotus

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Lotus

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Lotus? Tidak sedikit orang yang mengira bunga lotus dan bunga teratai adalah jenis bunga yang sama. Bunga lotus berbeda jenis dengan bunga teratai.

Nama ilmiahnya adalah Nelumbo Nusifera biasa disebut di Indonesia sebagai bunga seroja merupakan bunga yang berasal dari negara Vietnam dan India. Bunga lotus sering dimaknai sebagai perlambang kesucian.

PERBEDAAN BUNGA LOTUS DENGAN BUNGA TERATAI

Walaupun bunga lotus dan bunga teratai sama-sama tumbuh di air namun faktanya bunga lotus dan bunga teratai berbeda jenis.

Kelopak Bunga

Jenis Kelopak bunga lotus berbentuk sedikit bulat dan besar serta tidak beraturan dan tidak terlalu banyak jumlah kelopaknya. Kelopak bunga lotus biasanya berwarna putih, kuning dan merah muda.

Kelopak bunga teratai panjang serta runcing dan bertumpuk dengan rapi. Warna kelopak bunga teratai lebih banyak ketimbang bunga lotus yaitu merah muda keunguan, putih kuning, ungu kuning dan lain sebagainya.

Batang

Batang tanaman bunga lotus tumbuh menjulang ke atas air yang bisa mencapai 1 meter sehingga daun serta bunganya tidak mengambang pada air.

Sedangkan batang bunga teratai tidak tumbuh menjulang ke atas air jadi bunga dan daun bunga teratai tetap mengambang di atas air.

Daun

Tanaman bunga lotus memiliki daun yang berbentuk bulat tanpa ada belahan serta bagian sampingnya bergelombang.

Bagian atas dan juga bagian bawah daun tanaman bunga lotus berwarna hijau. Daun tanaman bunga teratai berbentuk bulat juga namun terdapat belahan di satu sisi daun tersebut serta bagian samping daun tanaman bunga teratai bergerigi.

Warna daun tanaman bunga teratau adalah keunguan pada bagian bawahnya sedangkan bagian atasnya berwarna hijau.

KEUNIKAN TAMAMAN BUNGA LOTUS

Tanaman bunga lotus memiliki keunikan yaitu bunganya akan terbuka di pagi hari dan menutup di malam hari.

Beberapa daun dari tanaman bunga lotus ini terendam air sedangkan daun tanaman bunga lotus yang lain mengapung di permukaan air.

Daun dari tanaman bunga lotus dilengkapi dengan kantong udara yang fungsinya untuk menjaga tanaman bunga lotus tetap mengapung.

KLASIFIKASI TANAMAN BUNGA LOTUS

Tanaman bunga lotus berasal dari kingdom Plantae atau tanaman. Divisi dari tanaman bunga matahari adalah Magnoliophyta sedangkan kelasnya adalah Magnoliopsida.

Tanaman bunga lotus berasal dari ordo Proteales dan famili Nelumbonaceae. Genus dari tanaman bunga lotus adalah Nelumbo sedangkan spesiesnya adalah Nelumbo Nucifera.

MORFOLOGI TANAMAN BUNGA LOTUS

Tanaman bunga lotus memiliki ciri-ciri atau morfologi akar, batang, daun, bunga dan biji yang akan dijelaskan di bawah ini.

Morfologi Akar Tanaman Bunga Lotus

Jika tanaman yang berada di darat letak akarnya biasanya di dalam tanah maka berbeda dengan tanaman bunga lotus dimana akar dari tanaman bunga lotus letaknya di dasar air, bertumbuh bersama lumpur untuk menyerap secara langsung nutrisi serta makanan lainnya.

Bentuk akar tanaman bunga lotus adalah berongga pada bagian tengahnya.

Penyebab akarnya berongga adalah udara di dalam lumpur sangat sedikit sehingga tanaman bunga lotus mendapatkan asupan udara dari daunnya tersebut.

Oleh sebab itu, apabila daun tanaman bunga lotus rusak maka tanaman bunga lotus akan mati karena akar tanaman bunga lotus tidak mendapatkan udara yang penting untuk keberlangsungan hidup tanaman bunga lotus.

Morfologi Batang Tanaman Bunga Lotus

Akar tanaman bunga lotus juga merupakan bagian dari batangnya. Batang tanaman bunga lotus berbentuk silindris dan terdapat rongga bagian dalamnya yang berfungsi untuk menyalurkan udara dari bunga ke permukaan atau akar.

Tangkai tanaman bunga lotus strukturnya kokoh dan panjang tangkainya bisa mencapai 1,5 meter.

Tangkai tanaman bunga lotus akan muncul ke permukaan menyanggah tanaman bunga lotus sehingga posisi bunga lotus tidak langsung menyentuh permukaan air.

Morfologi Daun Tanaman Bunga Lotus

Daun tanaman bunga lotus berada di permukaan air dan mengapung. Bentuk daun tanaman bunga lotus adalah lingkaran dan diameter daun tanaman bunga lotus bisa mencapai 60 cm.

Permukaan daun tanaman bunga lotus seperti ada lapisan lilinnya sehingga apabila air menetes pada permukaan daun tanaman bunga lotus maka akan membentuk butiran.

Morfologi Bunga Tanaman Bunga Lotus

Bunga tanaman bunga lotus biasanya ukuran diameternya mencapai 20 cm. Bunga tanaman bunga lotus akan mekar pada bulan Juli hingga bulan Agustus.

Kelopak tanaman bunga lotus ukurannya cukup besar dan bentuk tidak membulat, kelopaknya tidak terlalu banyak serta tidak beraturan. Terdapat putik dan benang sari pada bunga dari tanaman bunga lotus.

Di India atau Vietnam, tanaman bunga lotus sering digunakan sebagai simbol dalam agama Budha maupun agama Hindu.

Morfologi Biji Tanaman Bunga Lotus

Letak biji tanaman bunga lotus adalah pada bagian tengah kelopak bunganya. Biji tanaman bunga lotus ini dapat dimanfaatkan sebagai cemilan dan obat tradisional.

Demikianlah pembahasan mengenai Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Lotus. Semoga bisa membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *